Ibu katanya adalah nahkoda dalam rumah tangga , ibu yang bertanggung jawab atas semua pemasukan dan pengeluaran dalam sebuah kapal , mungkin istilah yang pas ibu juga bendahara keluarga . itulah kira kira tujuan dari event kali ini “MANDIRI EDUKASI 2017 ” berfokus pada kaum ibu tentang pentingnya perencanaan keuangan keluarga.

Alhamdulillah … hari ini sabtu 15 April 2017  walau agak tersendat sampailah saya bersama teman saya di sini , di cafe excelso summarecon bekasi .yaa kami di undang dari komunitas Blogger Indonesia untuk hadir dan meliput event kali ini yang bertema ” perencanaan keuangan ” di sponsori oleh Bank Mandiri dengan program nya ” Mandiri Edukasi 2017 “.

Jujur baru pertama kali saya ke summarecon mall ini dengan bertanya beberapa kali akhirnya sampai juga kami di sini .Acara belum mulai kami lanjut mengisi registrasi dan di persilahkan masuk setelah mengisi menu makan siang kami pun menempati tempat yang telah di sediakan .

Setelah santap siang acara pun mulai dengan di buka oleh Ibu Nita ass. Vice bank mandiri ,selanjutnya dengan di pandu mc mas tomy  acara di lanjut Demo masak oleh Chef Lucky pemenang Master Chef RCTI dengan menu Moroccan Soup dan Banana Colada .masakan yang mudah dan tidak memerlukan waktu lama untuk membuatnya .Semua pasti suka …

Seperti telah saya sebutkan di atas tema event dari Bank Mandiri kali ini yaitu #Mandiriedukasi  yang telah di selenggarakan di 3 kota dan akan berlanjut di beberapa kota lagi.mengenengahkan investasi sejak dini penting dalam mengelola keuangan dengan baik .

Dalam event ini Bapak Moldy selaku Head Of Corporate Bank Mandiri memberikan  5 tips dalam perencanaan keuangan , yaitu …

1.Buat Catatan Keuangan Keluarga

Agar dapat mengatur keuangan secara bijak, buat Prioritas dalam mengelola keuangan , Bedakan antara Keinginan dengan Kebutuhan.


2. Proteksi Aset Anda

Mengelola Risiko = Mengelola Kerugian Finansial.contoh  : 

– Proteksi individu (jiwa & kesehata )

– Proteksi Aset (Properti )

– Proteksi Aset (kendaraan )
3. Mulai  Investasi 

– Tujuan Investasi …tentukan tujuan, misal menikah,pendidikan , properti, pensiun

– Jangka waktu …lama waktu yang di tentukan untyk mencapai tyjuan .

– Profil Risiko  …toleransi diri anda terhadap risiko berinvestasi

– Alokasi Investasi …”Don’ t put your eggs in one basket”

– Tinjauan Periodik… tinjauan perkembangan investasi secara periodik.

4. Persiapan Dana Darurat

Dana khusus yang di alokasikan untuk kebutuhan tak terduga , biaya sakit , kehilangan pekerjaan , musibah, kerusakan .

5. Bijak dalam Berhutang 

Sebelum berhutang Pikir Kembali !!!

Dengan perencanaan keuangan kita dapat menghadapi masa depan dengan lebih baik.selesai sudah acara hari ini setelah sebelummya kami di suruh mengisi angket dan pembagian doorprice .alhamdulillah …kali ini saya termasuk salah satu yang mendapat doorprice dari Bank Mandiri berupa e- money.

Terima kasih Bank Mandiri , semoga sukses dan makin maju .juga kepada Teh  Ani berta dan komunitas Blogger Reportase Indonesia atas kesempatannya .

” Yuk Bijak dalam mengelola keuangan”

Advertisements