Selasa 28 februari 2017

Bertempat di gedung cyber 2 kuningan tujuan saya hari ini, sabtu 24 februari 2017 . Beruntung pagi ini cerah dan jalanan lancar  dengan bertanya sedikit pak supir sudah paham tujuan saya.yaaa… hari ini saya mendapat undangan blogger dari Nutrisi Untuk Bangsa (NUB) dalam rangka Blogger gathering – Sarihusada  #Bicaragizi yang ber tema  “Perlukah   menyusun menu mingguan untuk anak ..??”

Bertempat di lantai 9 sampai lah saya di DAI room tempat berlangsungnya acara.setelah registrasi kami di beri kesempatan berfoto foto di sekitar area ruangan sebagai bahan untuk lomba twett dan bahan tulisan . Sambil menunggu acara di mulai kami di hibur oleh para pemusik dengan lagu2 nya.

Akhirnya acara pun di mulai ,di mulai oleh narasumber pertama yaitu ibu Budiarti sebagai ahli gizi pembahasan #Bicaragizi yang bertema “perlunya menyusun menu mingguan untuk anak ” pun di mulai.
Di katakan oleh beliau , Bahwa anak anak usia 6-14’thn atau usia sd-smp merupakan periode di mana pikiran  anak anak sedang berkembang.Dan anak membutuhkan nutrisi yang cukup serta seimbang agar proses berfikir belajar dan aktivitas tidak  terhambat.

Seiring era masa sekarang dan perkembangan ilmu pengetahuan maka konsep yang dahulu kita kenal dengan 4 sehat 5 sempurna pun ikut berubah, jika sekarang yang di perlukan adalah gizi seimbang .

Apakah gizi seimbang…gizi seimbang adalah susunan pangan sehari hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah  yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip ke anekaragaman pangan , aktivitas fisik , prilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Sebelum menyusun menu ada baiknya mengenal macam2 bahan makanan dan kandungan gizinya , dengan begitu akan memudahkan menyusun menu makanan sesuai kebutuhan .

Dengan mengetahui macam2 bahan makanan dan kandungan gizinya kita akan lebih mudah dalam menyusun dan mengolahnya menjadi menu keluarga.

Di sini ibu budiarti juga menjelaskan cara memperlakukan makanan agar makanan bisa matang tanpa mengurangi kadar gizi nya.yaitu dengan melalui beberapa proses…

– Blanching yaitu proses mematikan enzim pada sayuran sehingga sayuran tidak cepat membusuk.

– Thawing atau melelehkan .bahan makanan yang d bekukan terutama daging , ikan  dan ayam jangan dengan proses perendaman tapi lebih di diamkan sampai dia mengurai sendiri
Di lanjut oleh nara sumber ke dua yaitu Chef zulkarnainn ( chef zul ) di sini beliau lebih menjelaskan kepada metode penyajian makanan agar anak2 dan seluruh keluarga bisa menikmati tanpa rasa bosan dan kejenuhan 

Bagaimana perlunya menyusun menu mingguan untuk  memudahkan mengukur asupan gizi seluruh keluarga.

Umumnya apa yang bisa di  makan anak anak anak bisa di makan orantua , tapi belum tentu makanan orangtua bisa di makan anak2.

Selalu sediakan buah dan sayur di rumah , carikan berbagai resep kreatif makanan yang mengandung buah untuk di sajikan setiap hari agar tidak bosan .

Dalam memasak perlu di perhatikan keamanan makanan juga ( food safety ) agar terjaga kwalitasnya.
Memasak olahan beku tidak salah selama cara penyimpanan dan kemasannya di kemas dengan baik . Daging dan ayam yang di kemas dengan baik jika di simpan dalam frezeer bisa bertahan dalam setahun.

Tak terasa acara yang di bawakan dengan santai tapi penuh makna dan pelajaran ini sangat saya nikmati , dengan di pandu oleh mc ,  acara selanjutnya  kita di ajak bermain games .kami di bagi dalam 3 kelompok , permainan ini membuat menu harian untuk seminggu ke depan dalam waktu yang telah di tentukan .alhamdulillah kelompok kami mendapat juara ke 2 …yeeeaaah  !!! Tapi semua dapet hadiah kok.
Senang nya …sebelum acara selesai kita masih di ajak bernyanyi bersama dan foto bareng sebelum lanjut makan siang.  Dan akhirnya selesai sudah acara hari ini bersama sarihusada , terimakasih atas undangannya.

Advertisements