Sabtu 25 februari 2017

Percetakan negara 23 jakarta….terdengar tidak asing tapi saya tidak tau pas nya di mana. Terdengar hujan dari semalam tampak tidak berhenti , kabar dari kawan hujan sepertinya rata dan di  mana mana terkena dampak air tergenang bahkan ada yang sampai banjir .


Ya padahal hari ini selasa 21 februari 2017 kami , saya dan beberapa teman dari komunitas kami Wajah Bunda Indonesia mendapat undangan peninjauan pabrik dan call center dari Balai Penelitian Obat dan Makanan (BPOM) RI. Dalam rangka  #HUTBPOMRI mereka membuat acara bertema  open house komunitas blogger.

 Dengan segala keterbatasan, perjalanan yang tersendat akibat hujan sampai lah kami di tempat tujuan .Tampak acara sudah di mulai walau banyak kursi yang masih terlihat kosong .seperti nya acara belum terlalu lama.

Tampak yang sedang berbicara dan pembuka acara adalah Kepala Biro hukum dan Humas ibu Riati Anggraiani .SH.MARS.M,Hum.
Di sini beliau mengatakan  “Bahwa tugas pengawasan obat dan makanan bukan hanya tugas dari BPOM semata tapi juga tugas masyarakat luas dan para pelaku usaha  ” .


Slogan ” Satu tindakan untuk masa depan baca lebel sebelum membeli ” adalah slogan BPOM yang mengajak masyarakat untuk membaca kemasan label pada produk yang akan kita beli dan konsumsi.

Adapun  fungsi utama BPOM yaitu…

1. Pengkajian dan penyusunan kebijakan Nasional  di bidang pengawasan obat dan makanan.

1. Koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas BPOM

3. Pemantauan , pemberian bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang pengawasan obat dan makanan

4. Penyelenggaraan pemberian pelayanan administrasi umum di bidang perencanaan umum , ketatausahaan , organisasi persandian dan tata laksana ,kepegawaian , keuangan , kearsipan , perlengkapan dan rumah tangga.

Di jelaskan pula langkah2  strategis yang di lakukan BPOM …

– Pemanfaatan tekhnologi informasi dan komunikasi 

– Intensifikasi dan Ekstensifikasi post market / contact

– Dukungan bagi industri bahan baku obat

– Dasar hukum yang kuat

– Simplikasi perizinan 

– Efesiensi pelayanan registrasi 

– Intensifikasi KIF.

Selanjutnya sebelum kami di ajak meninjau pabrik / lab dari BPOM  ,ada sedikit penjelasan tentang BPOM menyambung narasumber yang pertama .kali ini dari Kepala Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional  (PPOMN) Drs.TEPY USIA.Apt, M, Phil ,Phd


Di sini beliau menjelaskan tentang Visi , Misi dan Tujuan dari BPOM serta stuktur organisasi PPOMN. Untuk menunjang semua itu BPOM memiliki laboratorium atau istilah pabrik untuk bisa mencapai semua tujuan dari BPOM. Berdasarkan Iso 17025, lab BPOM sudah sangat canggih dan di akui secara nasional maupun international bahkan oleh Badan Kesehatan dunia WHO.

Tanpa berlama lama ..kami di bagi 3 kelompok untuk mulai meninjau pabrik Bpom .kami sebagai kelompok pertama mulai keluar menuju gedung yg agak di belakang , gedung ini terdiri dari 3 lantai .

Lantai pertama …

Lab.kosmetik dan obat traditional.
Di sini kami di temani oleh Kabid .Ibu Hermini tetrasari , beliau menjelaskan di sini semua kosmetik baik yang baru mau di keluarkan atau yang sudah lama beredar di masyarskat di uji secara intensif dan rutin .demikian pula dengan obat obatan traditional yang beredar di masyarakat.


Lantai dua…
Lab.Pangan

Di sini pun kami di temani oleh kabid. Ibu  Tuisa  , beliau menjelaskan tentang tes lab mutu, nutrisi dan keamanan pangan khusus .juga tentang kontaminan dalam bahan makanan dan residu .

Lantai tiga…

Lab. Produk Terapeutik dan Obat obat berbahaya

Dengan di temani kabid. Ibu Mirawati, di jelaskan di sini lah di uji produk obat obatan yang di duga mengandung bahan bahan berbahaya seperti obat narkotika dan spikotropika.

Selesai meninjau pabrik kami di ajak ke gedung sebelah di mana terdapat kantor layanan contact center,yang tidak kalah penting perannya dalam pelaksanaan tugas BPOM .Disini  lah prosedur layanan pengaduan dan informasi konsumen terjalin .

Hallo BPOM dapat di hub ke no 1500533 , contact center hallo  BPOM ini di bangun pada tahun 2013 dan mulai beroperasi di tahun 2014 hingga kini sudah sebanyak 30.700 pengaduan yang di berikan oleh Hallo BPOM.


Selesai sudah kunjungan kami kali ini ke BPOM RI  ,terimakasih atas kesempatannya juga kepada komunitas kami WBI atas undangannya .semoga apa yang kami dapat hari ini bisa bermanfaat buat kami dan masyarakat umumnya.

Advertisements