1. Rabu 7 desember 2016

Doodle on Daluang ….kira2 kita bakal ngapain ya nanti ?? Kira2 itu yang ada di benak saya ketika pertama kali di ajak mendaftar untuk ikut acara workshop ini.Karena rasa penasaran dan keingintahuan serta untuk mendapat  ilmu baru saya ikut mendaftar dan akhirnya terpilihlah saya untuk hadir dan ikut sebagai peserta Workshop Doodle On Daluang ….yang di adakan oleh Kriya Indonesia bekerjasama dengan Kartini Bluebird dan bertempat di Museum Tekstil jakarta.

Apa itu Daluang ….???

Daluang …sebutan untuk kain yang terbuat dari kulit kayu di sulawesi tengah, kebudayaan kain kulit kayu ini sudah ada di sulawesi tengah sejak ribuan tahun yang lalu.

Adapun proses pembuatan kulit kayu hingga menjadi kain dan berkembang menjadi pakaian di mulai sejak kedatangan bangsa Austronesia yang melakukan pengembangan sekitar 6.800 tahun yang lalu dari china selatan hingga macaw.

Sepenggal kisah tentang daluang cukup untuk membuat saya paham betapa kaya negeri kita . Tepat hari kamis 1 desember 2016 di undanglah kami para blogger dalam acara yang bertema workshop doodle on daluang.Dengan antusias tiba lah saya tepat pukul 09.00 wib ke tempat acara di museum tekstil jakarta , beruntung acara belum di mulai. setelah registrasi , saya memasuki ruang museum takjub dengan aneka barang2 yang terpajang indah dan terbuat dari kulit kayu atau Daluang .Ada yang berupa hiasan dinding atau lukisan , aneka model pakain dengan berbagai motif yang di lukis tangan oleh anak bangsa  .Bahkan ada yang berupa mainan anak2 yaitu layang2 .

Tak lama acara pun akan di mulai , kami mulai menempati tempat yang telah di sediakan di tengah ruangan .Ada beberapa acara di mulai dari :

1. Laporan kegiatan oleh Kepala Museum Seni DKI jakarta  Ibu ESTI UTAMI

2.Di lanjut pengenalan dari mitra kerja yaitu Kartini Bluebird oleh Mbak NOVA

3.Kemudian sesi penyerahan lukisan 

– Kepada asisten Deputi Bidang Kebudayaan DKI jakarta .Bapak USMAYADI RAMLI oleh Mbak TANTI AMELIA

– Kepada Prof.SAKAMOTO , Ahli kertas dari jepang oleh Mbak NOVA dari Kartini Bluebird

– Kepada Kepala Museum seni , Ibu ESTI UTAMI oleh ASTRI DAMAYANTI Founder Kriya Indonesia.

4. Terakhir Pembukaan  Workshop sekaligus penutupan pameran BEATEN BARK oleh Asisten Deputi Bidang Kebudayaan DKI jakarta – Bapak USMAYADI RAMLI.


Segera selesai acara pembukaan selesai mulailah kami menempati tempat yang telah di sediakan untuk kegiatan workshop Doodle on Daluang .Diatas meja telah siap  beberapa alat yang di perlukan dalam workshop kali ini di antaranya sebuah bingkai , satu buah gelas dan piring plastik untuk tempat cat , beberapa lembar kertas untuk menggambar sketsa sebuah pinsil dan hapusan serta beberapa macam kuas untuk melukis , terakhir bahan utama nya yaitu Daluang …atau kain kulit kain .

Daluang …kain kulit kayu merupakan warisan budaya yang penting untuk di lestarikan di Nusantara ini .Jika ingin membangun sebuah bangsa maka hal utama yang harus di lakukan adalah membangun sejarahnya. Beruntung kita masih bisa menikmati hasil dari sejarah maka tugas kitalah sebagai anak bangsa untuk menjaga dan mengembangkan yang sudah tercipta menjadi lebih baik dan berkembang lagi.

Terimakasih kepada mba Astri damayanti yang telah mengundang saya khususnya dalam kegiatan ini serta mba Tanti amelia untuk pelajaran tekhnik melukis di atas daluang .semoga lain waktu saya di undang lagi dalam acara workshop-workshop yang lain.

Advertisements